Konferensi Nasional Filsafat Hukum akan kembali diselenggarakan oleh Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan Epistema Institute. Setelah konferensi pertama dilaksanakan di Bandung pada tahun 2011 dan di Semarang pada 2012 lalu, maka pada tahun ini Konferensi Nasional Filsafat Hukum akan diadakan di Surabaya, Jawa Timur pada 27 – 29 Agustus 2013. Tema yang diangkat adalah “Melampaui Perdebatan Positivisme Hukum dan Teori Hukum Kodrat”Konferensi Nasional ke-3 Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia


Konferensi Nasional Filsafat Hukum akan kembali diselenggarakan oleh Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan Epistema Institute. Setelah konferensi pertama dilaksanakan di Bandung pada tahun 2011 dan di Semarang pada 2012 lalu, maka pada tahun ini Konferensi Nasional Filsafat Hukum akan diadakan di Surabaya, Jawa Timur pada 27 – 29 Agustus 2013. Tema yang diangkat adalah “Melampaui Perdebatan Positivisme Hukum dan Teori Hukum Kodrat”.

Konferensi ini terdiri dari 3 Panel, yaitu :

Panel 1: Pemikiran Positivisme dan Teori Hukum Kodrat: Kritik dan Perdebatan yang melampauinya
Makalah-makalah dan diskusi pada panel ini akan mengkaji secara kritis pemikiran filsuf atau pemikir hukum yang menyeimbangkan kaitan antara bentuk dan isi hukum. Kajian dapat merupakan kritik terhadap positivisme hukum dan teori hukum kodrat, atau kritisisme hukum yang lain.

Panel 2: Positivisme, Hukum Kodrat dan Berbagai Perspektif lain dalam Pembentukan Hukum
Makalah-makalah dan diskusi pada panel ini akan mengkaji proses pembentukan hukum yang menekankan keseimbangan aspek bentuk dan isi hukum berdasarkan perspektif Pluralisme Hukum, Socio-Legal Studies, Geography of Law dan perspektif-perspektif hukum yang lain.

Panel 3: Menyeimbangkan Kepastian Hukum dan Keadilan dalam Penegakan Hukum: Sejumlah Tantangan dan Harapan
Makalah-makalah dan diskusi pada panel ini diharapkan mengkaji proses penegakan hukum yang menekankan keseimbangan aspek bentuk dan isi hukum berdasarkan perspektif Pluralisme Hukum, Socio-Legal Studies, Geography of Law dan perspektif-perspektif hukum yang lain.

Tanggal Penting
• Penerimaan abstrak: 1 Februari 2013-30 April 2013
• Pengumuman penerimaan abstrak: 31 Mei 2013
• Batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Agustus 2013
• Registrasi awal (early bird registration): 1 Juni 2013 – 30 Juni 2013
• Registrasi periode II: 1 Juli – 25 Agustus 2013
• Pelaksanaan Konferensi: 27-29 Agustus 2013
• Pertemuan Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia: 29 Agustus 2013
• Tempat Pelaksanaan: Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Jl. Dharmawangsa Selatan 4-6 Surabaya 60283

Kami mengundang kawan-kawan untuk berpartisipasi menjadi peserta dengan mengirimkan abstrak dan membawakan makalah dalam konferensi ini.

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia maksimal 300 kata. Satu orang boleh mengirimkan lebih dari satu abstrak sepanjang mengenai topik panel yang berbeda. Abstrak diawali dengan judul, nama penulis, dan asal perguruan tinggi/lembaga, dan kata-kata kunci. Format abstrak dapat diunduh, diisi, dan dikirim langsung pada alamat situs: www.afhi.epistema.or.id.