cropped-dsc_9762.jpg                                                              Apa khabar?

Saya baru belajar bekerja dengan blog. Tentu saja terlambat. Dunia blog ini sudah sangat maju, dan saya malah baru mulai. Tak apalah. Tidak ada kata terlambat. Melalui blog ini dialog bisa dilakukan. Berbagi rasa jiwa dan pengalaman sebagai tujuan. Karena hal itulah yang menjadi penting bagi upaya perbaikan dan perubahan. Saya lama aktif di dunia organisasi non-pemerintah. Ternyata tak terhenti hingga kini. Saat ini saya mengelola Merdesa:Institute for Rural Reconstruction, berkantor di Jakarta: Jalan Veteran I No. 31. Silahkan mampir bila ada kesempatan. Selain itu, saya masih tercatat sebagai Anggota dan Board  Perkumpulan HuMA. Ada banyak hal penting di kantor HuMA ini yang menarik bagi saya: (1) Pendamping Hukum Rakyat; (2) Strategi Pluralisme Hukum untuk Pembahuruan Hukum Sumber Daya Alam; dan (3) Riset Aksi Agraria. Untuk advokasi hak asasi perempuan, saya juga masih tercatat sebagai Board Yayasan Sukma – LRC Keadilan Jender dan HAM yang berkantor di Semarang. Kantor ini sangat berharga bagi saya, karena sejarah dan kemampuannya bertahan, serta konsistensi perjuangannya dalam membela dan menegakan hak asasi perempuan. Senang sekali nanti jika melalui blog ini akan berkembang diskusi untuk tujuan yang paling asasi dari keaktifan pribadi dan kawan-kawan di dunia pergerakan masyarakat sipil, yakni terus berpihak dan membela hak-hak dan kepentingan kaum miskin, kaum yang selalu terpinggirkan di negeri ini, bergerak untuk masa depan yang lebih baik, adab-santun dan berkeadilan. Hormat, Andik Hardiyanto